Implementasi Nilai-nilai tasawuf Akhlaqi Menghadapi fenomena punic buying
Abstract
Abstract
The COVID-19 pandemic has hit the world, causing price increases and increased public demand. The result is that punic buying behavior appears. The aim of this research is to determine the implementation of Akhlaqi Sufism values in responding to the punic buying phenomenon. This research is literature research. This research uses primary and secondary data. This research investigates the principles of Sufism that may have an impact on the psychological problems faced by society today. Data was collected by searching relevant literature on the subject. Then, the data is classified according to the problem discussed, followed by analysis and interpretation of the data according to the principle of sufficiency. Analysis and interpretation are presented using a descriptive approach. The results of this research are that the behavior of hoarding goods due to concerns about price fluctuations is known as punic buying. According to Akhlaqi Sufism, buying sinful goods is behavior that can harm other people. Hoarding is a logical action taken by people who feel threatened and limited. In akhlaqi Sufism, actions that harm other people are considered bad behavior that originates from lust. To anticipate such actions, individuals must be aware of their needs, the study found.
Keywords: Covid, Morals, Panic Buying, Sufism.
Abstrak
Pandemi COVID-19 melanda dunia, menyebabkan kenaikan harga dan peningkatan permintaan masyarakat. Akibatnya adalah muncul perilaku punic buying. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui Implementasi Nilai-nilai tasawuf Akhlaqi Menyikapi fenomena punic buying. Penelitian ini adalah penelitian literatur, Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian ini menyelidiki prinsip-prinsip tasawuf yang mungkin berdampak pada masalah kejiwaan yang dihadapi masyarakat saat ini. Data dikumpulkan dengan mencari literatur yang relevan tentang subjek tersebut. Kemudian, data diklasifikasikan sesuai dengan masalah yang dibahas, diikuti oleh analisis dan interpretasi data sesuai dengan prinsip secukupnya. Analisis dan interpretasi disajikan menggunakan pendekatan deskriptif.. Hasil penelitian ini adalah Perilaku menimbun barang karena kekhawatiran tentang fluktuasi harga dikenal sebagai buying punic. Menurut tasawuf akhlaqi, membeli barang berdosa adalah perilaku yang dapat merugikan orang lain. Penimbunan barang adalah tindakan logis yang dilakukan oleh orang-orang yang merasa terancam dan terbatas. Secara tasawuf akhlaqi, perbuatan yang merugikan orang lain dianggap sebagai perilaku buruk yang berasal dari nafsu. Untuk mengantisipasi tindakan tersebut, individu harus sadar akan kebutuhannya, menurut temuan penelitian ini.
Kata Kunci: Covid, Punic Buying, Tasawuf,Akhlaqi.
References
Anwar, R. (2010). Akhlaq Tasawuf (10th ed.). CV. Pustaka Setia.
Arafat, S. M. Y., Kar, Sujita Kumar Marthoenis, M., Sharma, P., Ehsanul, H. A., & Russell, K. (2020). Psychological underpinning of panic buying during pandemic (COVID-19). Psychiatry Research.
Bakar, A. M. (2018). PSIKOLOGI TRANSPERSONAL; Mengenal Konsep Kebahagiaan dalam Psikologi. 8, 162–180.
Bakri, S. (2020). Akhlaq Tasawuf : Dimensi Spiritual dalam Kesejarahan Islam (I). EFUDEPRESS.
Dewi, E. (2017). KONSTRUKSI KEBAHAGIAAN DALAM BINGKAI. 19, 133–148. https://doi.org/http://substantiajurnal.org
Doly, D. (2022). Penegakan hukum tindak pidana kartel dan penimbunan minyak goreng.
Dzulfaroh, A. N. (2021). Rebutan Susu Beruang, Panic Buying Corona, dan Kepanikan Warga. Kompas.
Faatikah, T. C., Brawijaya, U., Yuniarinto, A., & Brawijaya, U. (2022). PENGARUH PANIC BUYING TERHADAP KEPUTUSAN. 01(3), 412–425.
Fahrudin. (2016). Tasawuf Sebagai Upaya Bembersihkan Hati Guna Mencapai Kedekatan Dengan Allah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim, 14(1), 65–83.
Ghazali, A. (2000). al-Mustasfa fi Usul al-Fiqh. Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
Hasbi, M. (2020). AKHLAK TASAWUF (Solusi Mencari Kebahagiaan dalam Kehidupan Esoteris dan Eksoteris). In TrustMedia Publishing. TrustMedia Publishin.
Herjanto, H., Amin, M., & Purington, E. F. (2021). Panic buying: The effect of thinking style and situational ambiguity. Journal of Retailing and Consumer Services, 60(December 2020). https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102455
Indah, A. V., & Muqsith, A. (2021). Panic Buying: Konsumerisme Masyarakat Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19 Perspektif Psikoanalisis Jacques Lacan. Jurnal Filsafat, 31(1), 24. https://doi.org/10.22146/jf.56722
Jenita, & Rustam. (2017). Konsep Konsumsi dan Perilaku Konsumsi Islam. Jurnal. Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1).
Komala, C. (2019). Perilaku Konsumsi Impulsive Buying Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Perspektif, 2(2), 248. https://doi.org/10.15575/jp.v2i2.31
Mannan, A. (2018). Esensi tasawuf akhlaki di era modernisasi. Jurnal Aqidah, IV.
Mubarak, A. (2013). MENIMBUN BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM Oleh: Agus Mubarak . Jurnal Hukum Islam, Ihtikaar, Ta’ziir, Hak Kepemilikan, 14–21.
Muhammad. (2016). Sains, Teknologi, Dan Nilai-Nilai Moral. Elkawnie, 2(2), 109. https://doi.org/10.22373/ekw.v2i2.2657
Muhardi. (2005). Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (Bbm) Dan Implikasinya Terhadap Makro Ekonomi Indonesia. Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (Bbm) Dan Implikasinya Terhadap Makro Ekonomi Indonesia, XXI(4), 454–474.
Musyahid, A., Alamsyah, A., Madjid, S. S., & Rufaida, E. R. (2023). Penimbunan Barang Perspektif Filsafat Hukum Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 7(01), 65–75. https://doi.org/10.26618/j-hes.v7i01.11201
Nasution, A. (2021). PANIC BUYING MASYARAKAT TERHADAP KENAIKAN HARGA DAN KELANGKAAN MINYAK GORENG DI KOTA MEDAN DENAI. Jurnal Bisnis Corporate :Vol., 6(2), 113–120.
Prabaningrum, D., Khasanah, S. N., & Tyaskyesti, dan S. (2018). Efek syukur pembawa kebahagiaan pada novel. ALAYASASTRA, 14, 93–100.
Putra, A. E. (2012). TASAWUF AKHLAQI MENURUT AL-QUR’AN. Al-Fath, 06, 37–39.
Putri, B. (2021). Perilaku Panic Buying dalam Perspektif Konsumsi Islam ( Studi Fenomenologi pada Konsumen Retail Jembatan Baru Se-Kota Mataram ). Schemata, 10(2), 1–100. https://doi.org/10.1186/s40248-017-0101-8.2
Ramadan, F. L. (2022). Tata kelola perusahaan minyak goreng di Indonesia : studi literatur fenomena kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng di Indonesia. AOSCM: Articles on Operations and Supply Chain Management (OSCM), 1(1), 1–18. https://osf.io/pk83z
Rusydi, A. (2015). PSIKOTERAPI KECEMASAN DAN SPIRITUAL ISLAM Dari Spiritual Disorder hingga Pesoalan Eksistensial Menuju Kesehatan Psiko-Spiritual (M. A. Yaqin (ed.)). Istana Publising.
Saadati, N., & Haryono, S. (2023). Panic Buying dalam Perspektif Islam: Studi Kasus Kelangkaan Minyak Goreng di Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(2), 937. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.1168
Sada, H. J. (2017). Kebutuhan Dasar Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 213. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2126
Sari, R. A., & Susanti, A. (2022). SANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN : FENOMENA MASKER DAN VITAMIN DI MASA PANDEMI (Studi Pada Pharmacy Labs di Kota Solo. OF MANAGEMENT Small and Medium Entreprises (SME’s), 15(1), 71–87.
Shadiqi, M. A., Hariati, R., Hasan, K. F. A., I’anah, N., & Al Istiqomah, W. (2020). Panic buying pada pandemi COVID-19: Telaah literatur dari perspektif psikologi. Jurnal Psikologi Sosial, 19(2), 131–141. https://doi.org/10.7454/jps.2021.15
Shou, B., Xiong, H., & Shen, X. (2013). Consumer panic buying and quota policy under supply disruptions. Manufacturing and Service Operations Management Annual Conference.
Silawati. (2016). Pemikiran Tasawuf Hamka Dalam Kehidupan Modern. An-Nida’, 40(2), 118–125. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/1502
Stearns, P. N. (2006). Consumerism in World History : The global transformation of desire. In Routledge. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203969885
Sterman, J. D., & Dogan, G. (2015). “I’m not hoarding, I’m just stocking up before the hoarders get here.”: Behavioral causes of phantom ordering in supply chains. Journal of Operations Management, 39–40, 6–22. https://doi.org/10.1016/j.jom.2015.07.002
Wahyu, A. M., Az Zahra, A. C., Firdaus, M. I. F., & Widyatno, A. (2021). Perilaku Panic Buying Mengiringi Kemunculan COVID-19? Sebuah Studi pada Awal Pandemi di Indonesia. Humanitas (Jurnal Psikologi), 5(1), 76–98. https://doi.org/10.28932/humanitas.v5i1.3347
Wang, H. H., & Hao, N. (2020). Panic buying? Food hoarding during the pandemic period with city lockdown. Journal of Integrative Agriculture, 19(12), 2916–2925. https://doi.org/10.1016/S2095-3119(20)63448-7
Yuen, K. F., Wang, X., Ma, F., & Li, K. X. (2020). 2020. The psychological causes of panic buying following a health crisis. , 17(10). International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(10).
Zahra, S. K. (2019). Panic Buying Di Masa Pandemi Dan Relevansinya Dengan Ikhtikar Dalam Pandangan Islam. At-Tasharruf: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Syariah, 1(2), 79–87. https://www.researchgate.net/profile/Siti-Nur-4/publication/349108139_PANIC_BUYING_DI_MASA_PANDEMI_DAN_RELEVANSINYA_DENGAN_IKHTIKAR_DALAM_PADANGAN_ISLAM/links/6020bff1a6fdcc37a80e66f3/PANIC-BUYING-DI-MASA-PANDEMI-DAN-RELEVANSINYA-DENGAN-IKHTIKAR-DALAM-PAD
Zuhri, S. (2001). Guruku Orang-Orang dari Pesantren. Lkis Pelangi Aksara.
Copyright (c) 2024 Sidiq Rahmadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.