Bullying verbal perspektif tasawuf (studi analisis pemikiran Al-Ghazali tentang maksiat lisan dalam bidāyatul hidāyah)

  • Muhammad Raihan Kenny Mahad Aly Idrisiyyah
  • Salman Alfarisi Mahad Aly Idrisiyyah
  • Hanhan Burhani Mahad Aly Idrisiyyah
Keywords: bidayatul Hidayah, maksiat lisan, Al-Ghazali, Bullying Verbal

Abstract

Abstract

This study explores the issue of verbal bullying, a behavior often underestimated in society. In truth, it represents a moral deviation and a manifestation of spiritual illness. Al-Ghazali asserts that harmful speech is a reflection of a corrupted heart. The aim of this research is to examine the concept of verbal bullying from Al-Ghazali’s perspective as presented in Bidayatul Hidayah. Employing a qualitative approach through content analysis, this study draws primarily on Bidayatul Hidayah as a main source, supported by relevant secondary materials. According to Imam Al-Ghazali, verbal transgressions that constitute verbal bullying include idle talk, insults, humiliation of others, backbiting, vulgar or obscene language, and lying. As a remedy for these issues, he emphasizes the importance of ash-shamt (silence) and tazkiyah an-nafs (self-purification).

Keywords: Verbal Bullying, Al-Ghazali, Verbal Sins, Bidayatul Hidayah

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang bullying verbal yang sering dianggap remeh oleh manusia pada zaman ini. Padahal merupakan bentuk dari penyimpangan akhlak dan penyakit hati. Al-Ghazali berpendapat bahwa ucapan negatif mencerminkan kerusakan hati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai bullying verbal menurut tasawuf Al-Ghazali, dalam kitab bidāyatul hidāyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan konten analisis. Sedangkan data yang dikumpulkan pada penelitian ini bersumber dari data primer yaitu kitab Bidayatul Hidayah serta data sekunder yang merupakan data-data pendukung untuk melengkapi dan membuat penelitian ini menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil analisis mengenai bahaya lisan dalam penelitian ini yang mengarah kepada bullying verbal dalam kitab Bidayatul Hidayah menurut pandangan Imam Al-Ghazali adalah termasuk didalamnya ucapan tak berguna, melaknat, meremehkan, menggunjing, ucapan keji dan cabul, serta pembicaraan mengenai kebatilan. Adapun terapi untuk mengatasi hal tersebut Imam Al-Ghazali menjelaskan ash-shumt (diam), dan tazkiyah an-nafs.

Kata Kunci: Bullying Verbal, Al-Ghazali, maksiat lisan, bidayatul Hidayah

References

Abdullah, G. (2023). “Pencegahan perilaku Bullying pada anak usia sekolah dasar melalui pelibatan orang tua”. DIKMAS: Jurnal pendidikan masyarakat dan pengabdian, 3, 175-182.
Abidin Z, K. W. (2023). “The concept of verbal abuse Islamic perspective an analysis based on Imam Al-Ghazali Thought". INTERNATIONAL JOURNAL OF ISLAMIC ETHICS AND CHARACTER BUILDING, 112-127.
Adib, A. F. (2022). “Konsep tasawuf menurut Imam Al-Ghazali”. JOUSIP: Journal of Sufism and Psychotherapy, 2, 153-166.
Aini, L. N. (2021). “Pendekatan Behavioral pada santri untuk menangani dampak Bullying di pondok pesantren Thoriqul Huda”. FICOSIS: Proceeding of The 1stConference on Strengthening Islamic Studies in the Digital Era, 1, 482-496.
Anggraini, N. W. (2019). Nilai-Nilai Edukatif dalam Ibadah Puasa Ramadhan Menurut Al-Ghazali dan Implikasinya terhadap Pembentukan Karakter. Bengkulu: Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Anis Fauzi, A. I. (2024). “Strategi guru pendidikan agama Islam dalam mencegah perilaku Verbal Bullying”. MUMTAZ: Jurnal pendidikan agama Islam, 3, 79-89.
Bahiroh, S. (2024). “Strategi bimbingan konseling dalam mengatasi Bullying verbal siswa”. JURNAL RISET PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 3, 55 – 63.
Bima Fandi Asy’arie, R. A. (2023). “Analisis pendidikan agama Islam dan Pendidikan Akhlak perspektif Al-Ghazali”. AL-QALAM: Jurnal kajian Islam dan Pendidikan, 15, 155-166.
Hakim, L. A. (2019). “DALAIL (kumpulan dalil-dalil pilihan bersumber dari Qur'an, hadis, Atsar, dan Qaul Ulama)”. Tasikmalaya: MAWAHIB.
Hasan, A. Z. (2023). “Syarah dan terjemah perkata kitab Bidayah Al-Hidayah". JEMBER: AL-FUTUHAT.
Hasan, A. Z. (2023). “Syarah dan terjemah perkata kitab Bidayah Al-Hidayah”. JEMBER: AL-FUTUHAT.
Hasan, A. Z. (2023). “Syarah dan terjemah perkata kitab Bidayah Al-Hidayah”. JEMBER: AL-FUTUHAT.
Hasan, A. Z. (2023). “Syarah dan terjemah perkata kitab Bidayah Al-Hidayah”. JEMBER: AL-FUTUHAT.
Kasori Mujahid, F. A. (2025). “Islamic worldview: konsep jiwa menurut Imam Al-Ghazali”. TSAQOFAH: Jurnal penelitian guru Indonesia, 5, 1435-1442.
Luh, S. (2018). "Verbal Bullying dalam media sosial". JURNAL PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA, 6, 153.
M. Hanif Ammar, A. M. (2023). “Perilaku perundungan (Bullying) dan dampaknya dalam pandangan Al-Qur’an”. HIKAMI: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 4, 17-30.
M. Ridwan Hidayatulloh, A. K. (2015). "Konsep tasawuf Syaikh nawawi Al-Bantani dan implikasinya terhadap pendidikan agama Islam dipersekolahan". TARBAWY (Indonesian Journal of Islamic Education), 1-15.
Meliniar, Y. F. (2024). "Riyadhah Hifdzul LisanPerspektif Imam Al Ghazali Dalam Kitab Ihya Ulumuddin". UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH . PALEMBANG: REPOSITORY UIN, Thesis.
Menaung, S. (2024, September 27). "Waspada Bullying Verbal di sekolah sering di anggap candaan”. Diambil kembali dari rri.co.id (RADIOREPUBLIK INDONESIA): https://www.rri.co.id/daerah/999143/waspadabullying-verbal-di-sekolah-sering-dianggap-candaan
Munawir, R. F. (2024). "Fenomena bullying dalam perspektif pendidikan agama Islam". STUDI RELIGIA: Jurnal pemikiran dan pendidikan Islam, 8, 29-39.
Muslih, A. (2024). “Memahami Dampak Psiko Spiritual Bullying verbal: Integrasi Perspektif Psikologi modern dan Kitab Bidayah Al-Hidayah”. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 34-52.
Nasir, M. A. (2024). “Pandangan Al-Qur'an Terhadap Bullying Verbal dan Hate Speech Al-Qur'an's View of Verbal Bullying and Hate Speech”. PUSAKA: Jurnal Khazanah Keagamaan, 12, 209-222.
Naurah, N. (2023, mei 10). "Kekerasan verbal jadi jenis bullying yang paling banyak dialami masyarakat". Diambil kembali dari Goodstats: https://goodstats.id/article/kekerasan-verbal-jadi-jenis-bullying-yang-palingbanyak-dialami-masyarakat-rkXuT
Pitopang, A. (2024, Desember 5). “GUYON KASAR GUS MIFTAH VIRAL: Alarm untuk pendidikan kita”. Diambil kembali dari KOMPASIANA: https://www.kompasiana.com/akbarisation/6750905bed64150df81a76a2/guyon-kasar-gus-miftah-viral-alarm-untuk-pendidikan-bebasbullying?page=1&page_images=1
Pradana, C. D. (2024). . "Pengertian tindakan bullying, penyebab, efek, pencegahan dan solusi.". JURNAL SYNTAX ADMIRATION, 5, 884-898.
Putri, R. E. (2024). , “Peran bimbingan konseling dalam menanggulangi kasus Bullying verbal di SMP”. TSAQOFAH: Jurnal penelitian guru Indonesia, 4, 1127-1137.
Solihin, D. M. (2018). “TERAPI DIAM DALAM TASAWUF AL-GHAZALI”. JURNAL HUKUM ISLAM, 2, 68-74.
Suryani, I. (2023). “Karakteristik Akhlak Islam dan Metode Pembinaan Akhlak dalam Pemikiran Al-Ghazali”. Journal Islam and contemporary Issues, 1, 31-37.
Tomi Saputra, A. W. (2023). “Al-Ghazali dan pemikirannya tentang pendidikan tasawuf”. ILJ: Islamic Learning Journal (Jurnal Pendidikan Islam), 1, 935-954.
Published
2025-09-23
How to Cite
Raihan Kenny, M., Salman Alfarisi, & Hanhan Burhani. (2025). Bullying verbal perspektif tasawuf (studi analisis pemikiran Al-Ghazali tentang maksiat lisan dalam bidāyatul hidāyah). Hikamia: Jurnal Pemikiran Tasawuf Dan Peradaban Islam, 5(2), 58-70. https://doi.org/10.58572/hkm.v5i2.194
Section
Articles