Filsafat Pendidikan Al-Habib Alawy Al-Haddad

  • Rosid Bahar Universitas Negri Yogyakarta
  • Syafrudin Sekolah Tinggi Agama Islam Idrisiyyah
Keywords: Pendidikan, Alawy, Nashoihud Diniyah

Abstract

Pada dasarnya, konsep pendidikan Islam memiliki pengertian yang sangat luas. Bahkan para ilmuwan pun memiliki konsep yang berbeda-beda. Namun, penulis menemukan konsep pendidikan islam yang menarik dari Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad yang terdapat dalam kitab Nashoihud Diniyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengertian pendidikan islam, konsep ilmu dalam islam, dasar-dasar pendidikan islam dan tujuan pendidikan islam menurut Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad serta bermanfaat secara teoritis dapat memperkaya teori-teori konsep pendidikan islam dan memberikan gambaran bagi seluruh komponen pendidikan terutama Pendidikan Islam dalam menerapkan konsep Pendidikian Islam secara menyeluruh.Kerangka pemikiran dalam penelitian ini meliputi konsep pendidikan Islam yang terdiri dari pengertian pendidikan islam, konsep ilmu dalam islam, dasar-dasar pendidikan islam dan tujuan pendidikan islam menurut Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad yang terdapat dalam kitab Nashoihud Diniyah.Metode penelitiannya adalah studi pustaka. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi dan studi pustaka. Sumber datanya berupa sumber data primer dan sekunder. Jenis datanya berupa data kualitatif. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif analitik dengan langkah menginventarisir data, mengelompokan data sesuai tujuan dan rumusan masalah serta menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan islam menurut Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad dalam kitab Nashoihud Diniyah selaras dengan teori-teori yang diungkapkan oleh para pakar pendidikan islam baik dari segi pengertian, konsep ilmu, dasar-dasar pendidikan islam dan tujuan pendidikan islam.Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa konsep pendidikan islam menurut Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad dalam kitab Nashoihud Diniyah yang terdiri dari pengertian pendidikan islam yaitu proses mencari ilmu yang diwajibkan kepada setiap muslim sesuai dengan nilai-nilai islam demi tercapainya tujuan pendidikan islam yang hakiki, konsep ilmu dalam islam meliputi ilmu iman, ilmu islam dan ilmu ihsan, dasar-dasar pendidikan islam meliputi ayat qauliyah (Al-Qur’an dan As-Sunnah), ayat kauniyah (alam dan ciptaan Allah), ayat insaniyah (ijma), serta tujuan pendidikan islam yaitu terciptanya muslim yang takwa baik takwa duniawi maupun takwa ukhrawi.

References

Abuddin, N. (2018). Islam dan Ilmu Pengetahuan. Kencana.

Al-Hadad, A. bin A. (n.d.). Syarah Nashoihud Diniyah. Maktabah.

Al-Hamid, & Zaid, H. (2010). Terjemah Nashoihud Diniyah. Mutiara Ilmu.

Anggito, Albi, & Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Anslem, Strauss, & Corbin, J. (2003). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Pustaka Belajar.

Faisol. (2016). Pendidikan Islam dalam Perspektif. Guepedia.

Fitrah, & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. CV Jejak.

Noor, A. (2018). Filsafat Pendidikan Islam; Konteks Kajian Kekinian. Caremedia Communication.

Saehudin, I. A. (2010). Tafsir Pendidikan: Konsep Pendidikan berbasis Al-Qur’an. KDT.

Sanusi, U., & Suryadi, R. A. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Deepublish.

Tobroni. (2018). Memperbincangkan Pemikiran Pendidikan Islam dari Idealisme Substantif Hingga Konsep Aktual. Prenadamedia Group.

Published
2021-09-17
How to Cite
Bahar, R., & Syafrudin. (2021). Filsafat Pendidikan Al-Habib Alawy Al-Haddad. Hikamia: Jurnal Pemikiran Tasawuf Dan Peradaban Islam, 1(2), 11-24. https://doi.org/10.58572/hkm.v1i2.15