Integrasi Adab Dalam Kurikulum Pendidikan Islam

  • Luqman Al Hakim Ma'had Aly Idrisiyyah
Keywords: Adab, Kurikulum, Islamisasi

Abstract

Ada tiga elemen penting pendidikan yang tertuang dalam definisi “Educationis a process of instilling something into human beings” yang dipropos oleh al-Attas:pertama prosespenanaman (processofinstilling)kedua konten pendidikan (something), dan ketiga penerima (humanbeings): proses penanaman konten pendidikan kepadaterdidik). Proses merujuk kepada metode yang digunakan dalam menanamkan konten pendidikan yang tak lainadalah ilmu dan adab, sedang penerima merujuk kepada terdidik. Penelitianini mengekspos konsepsi integrasi adab dalam kurikulum pendidikan Islamyang dipropos oleh al-Attas. Menggunakan metode kualitatif, penelitian inimenemukan (1) ilmu pengetahuan tidak bersifat netral, melainkan penuhdengan nilai, oleh karenanya (2) islami-sasi ilmu pengetahuan merupakankeniscayaan, sehingga ilmu pengetahuan terbebas dari muatan-muatan yangtidak islami.

References

‘Abd al-Bāqi, Muḥammad Fu’ād. Mu‘jam al-Mufahras li Alfāzh Al-Qur’ān al-Karīm. Beirut:
Dār al-Fikr, 1987.
al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. al-Tarbiyyah al-Islamiyyah wa Falasifatuha. Cario: Issa al-Baby al-Halaby & Co, 1969.
---------. Education in Islam (Cairo: The Supreme Council for Islamic Affairs, 1967), . 11- 12.
Achmadi, Abu. Islam sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media, 1992.
Acikgenc, Alparslan. Islamic Science: Toward a Definition. Kuala Lumpur: ISTAC, 1996. Ahmad, M. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pustaka Setia, 1997.
Aisyah, Rahendra Abu “Majid Irsan al-Kilani dan Pemikiran Pendidikan” dalam https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/17/12.
Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Bumi Aksaria, 2009.
---------. Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
al-Aṣfahānī, al-Rāghib. Mu‘jam Mufradāt li alfāẓ al-Qur’ān. Beirut: Dār al-Fikr, tt.
al-Attas, Syed Muhammad Naquib. “Latar Belakang Kristen-Barat Kontemporer.” Islamia: Majalah Pemikiran dan Peradaban Islam, Vol III, No. 2 Januari-Maret 2007.
---------. The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC, 1991.
---------. Islam and Secularism. Malaysia: International Institute of Islamic Thought and Civilization, 1983.
---------. Prolegomena to the Metaphysics of Islam: An Exposition of the Fundamental Elements of the Worldview of Islam. Malaysia: University Teknologi Malaysia, 2014.


59 Lihat Wan Daud, The Beacon, 36.

---------. The Positive Aspect of Tasawwuf: Preliminary Thoughts on an Islamic Philosophy of Science. Kuala Lumpur: Art Printing Works, 1981.
---------. The Nature of Man and the Psychology of the Human Soul: A Brief Outline and a Framework for an Islamic Psychology and Epistemology. Kuala Lumpur: ISTAC, 1990.
---------. Islam and the Philosophy of Science. Kuala Lumpur: International Institute of Islamic Thought and Civilization, ISTAC, 1989.
---------. et.al., Aims and Objectives of Islamic Education. Jeddah: King Abdul Aziz University, 1979.
---------. The Oldest Known Malay Manuscript: a 16th Century Malay Translation of the Aqa’id of al-Nasafi. Kuala Lumpur: Department of Publications University of Malaya, 1988.
---------. The Meaning of Happiness in Islam. Kuala Lumpur: ISTAC, 1993.
---------. The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education, Kuala Lumpur: ISTAC, 1991.
---------. Konsep Pendidikan dalam Islam: Suatu Kerangka Pikir Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam (terj). Bandung: Mizan, 1987.
---------. On Justice and the Nature of Man. Kuala Lumpur: IBFIM, 2015.
Baharuddin, et.al., Epistemologi Islam Berbasis Sufistik. Jakarta: Qaf Academy, 2018. Bakar, Osman. Classification of Knowledge in Islam. Kuala Lumpur: Institute for Policy
Research, 1992.
al-Baijūrī, Syeikh Ibrāhīm. Sharh al-Sanusiyah. Indonesia: Dār Iḥyā al-Kutub al-‘Arabiyah, th.
Cox, Harvey. The Secular City. New York: n.p., 1965
Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia.
Jakarta: Kencana, 2007.

al-Ghazālī, Abū Ḥāmid b. Muḥammad. Iḥyā Ulūm al-Dīn, 6 jilid. Tt.: Dār al-Ṣābūnī, tth.

Husaini, Adian. “Pendidikan Karakter Berbasi ta’dīb” dalam https://www.researchgate.net/publication/304465798_Pendidikan_Karakter_Ber basis_Ta'dib
al-Jurjānī, ‘Alī b. Muḥammad. al-Ta‘rīfāt, Mesir: Dār al-Kitāb al-Miṣrī, 1991.

Langgulung, Hasan. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al Husna Baru, 2003.

---------. Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikolog dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1986.

Ma’ruf, Luis. Qāmūs al-Munjid. Beirut, al-Maktabah al-Kātulikiyah tt.

al-Mirzanah, Syafa’atun. When Mystic Masters Meet: Paradigma Baru dalam Relasi Umat Kristiani-Muslim. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.
Nata, Abuddin. Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013
Nasution, S. Kurikulum Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2012. Sadulloh, Uyoh. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2006.
Syaodih, Nana. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Sanjaya, Wina. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Jakarta: Kencana, 2008.
Stumpf, Samuel Enoch. Philosophy: History and Problems. U. S. A: McGraw-Hill, 1994. Subandijah, Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada,1996. al-Suyūṭī, Imam Jalāludīn ‘Abd al-Raḥmān Bin Abū Bakr. al-Jāmi‘ al-Ṣaghīr fī Aḥādīts al-
Basyīr al-Nadhīr (Surabaya: Dār al-Fikr, tt.
Wan Daud, Wan Mohd. Nor. The Beacon on the Crest of a Hill: A Brief History and Philosophy of the International Institute of Islamic Thought and Civilization. Kuala Lumpur: ISTAC, 1991.
---------. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib al-Attas, terj. dari Bahasa Inggris oleh Hamid Fahmi, M. Arifin Ismail dan Iskandar Arnel. Bandung: Mizan, 2003
---------. The Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad Naquib al-Attas: An Exposition of the Original Concept of Islamization. Kuala Lumpur: ISTAC, 1998.
---------. “Konsep al-Attas tentang Ta’dib: Gagasan Pendidikan yang Tepat dan Komprehensif dalam Islam.” Islamia: Majalah Pemikiran dan Peradaban Islam, Thn I, No. 6 September 2005.
---------. Rihlah Ilmiah: Dari Neomodernisme ke Islamisasi Ilmu Kontemporer (Kuala Lumpur: UTM-CASIS, 2012
Widi, Restu Kartiko. Asas Metodologi Penelitian: Sebuah Pengenalan dan Penun-tun Langkah demi Langkah Pelaksanaan Penelitian (Surabaya: Graha Ilmu, 2010
Published
2022-09-23
Section
Articles